Persaingan para produsen gadget semakin hari semakin ketat. Begitu banyak cara dan strategi yang digunakan untuk menarik pembeli. Beberapa ada promo yang sukses, beberapa ada yang kurang efektif. Ada 4 hal yang bisa digunakan sebagai
promo efektif untuk menjual gadget, di antaranya:
4 Strategi Penjualan Gadget Lewat Promo
1. Pameran Gadget
Usahakan mengikuti pameran seperti ini. Dengan tehnik semacam sale atau diskon. Secara psikis, konsumen akan merasa disuguhi harga barang yang lebih murah dan terjangkau. Disamping itu konsumen akan merasa intim karena berinterkasi langsung dengan gadget idaman nya. Disini peran produsen seperti menjemput bola pada konsumennya langsung. Selama ini strategi ini sudah sangat sukses menjaring calon pembeli untuk mendatangi pameran, tak jarang jika pameran gadget sedang digelar calon-calon pembeli berjejelan memenuhi area.
2. Kredit
Sistem pembelian dengan cara ini makin digemari konsumen dalam hal belanja. Mengingat update gadget sekarang menjadi kebutuhan, sementara pendapatan belum sesuai harapan. Kredit dipilih karena konsumen merasa lebih ringan dalam hal harga. Produsen bisa bekerjasama dengan perusahaan finance yang menyediakan pembiayaan dan jasa kredit gadget. Harga dan keuntungan bisa dibagi sesuai kesepakatan dua belah pihak. Kredit semacam ini sangat sering dipakai para konsumen penggemar gadget, khususnya di Indonesia.
3. Bundling dengan Provider
Cara ini sangat menguntungkan secara publikasi dalam strategi penjualan gadget terutama smartphone. Provider merupakan produk pendukung bagi gadget, hal ini sangat bisa dimanfaatkan, salah satunya akan menekan biaya promosi. Secara mudahnya seperti ini, iklan produk bisa di cover oleh 2 belah pihak, event promosi juga akan menambah awareness bagi produsen gadget (misal ini brand gadget baru), dan satu lagi, pihak provider bisa memberikan paket data yang terasa menguntungkan bagi konsumen. Hal ini masih menjadi daya pikat bagi konsumen gadget.
4. Voucher Belanja
Ini adalah strategi semacam 'beli satu dapat dua'. Gadget membutuhkan pelengkap gadget lain, atau bisa jadi semacam barter tambahan untuk pembelian gadget lain dengan brand sama. Contohnya tiap pembelian smartphone Samsung S5, akan mendapatkan
voucher belanja untuk pembelian tablet atau laptop brand tersebut. Hal seperti ini masih menjadi daya tarik juga bagi konsumen. Marketplace toko online
Elevania, contohnya, telah bekerjasama dengan PriceArea.com (search engine online shop) dengan menghadirkan program Promo sebagai salah satu strategi untuk menjaring para calon pembeli. Dalam program ini disediakan
kupon belanja yang memungkinkan pembeli untuk mendapatkan lebih banyak produk dari yang dibeli sebelumnya. Selain itu ada pula promo diskon, cicilan 0%, hadiah langsung, dan berbagai program promo lainnya untuk memanjakan pembeli. Situs marketplace seperti ini dapat dijadikan salah satu alternative untuk menjual produk gadget Anda karena pastinya akan menguntungkan bagi kedua pihak baik penjual maupun pembeli. Peluang untuk mendapatkan pasar yang lebih besar pun juga semakin banyak terbuka.
Berbisnis masih akan menjadi profesi yang menjanjikan hingga kapanpun, hanya tinggal strategi apa yang berani ditawarkan. Masa depan perkembangan gadget dapat dipastikan masih akan semakin kuat arusnya. Raih kesempatan dan peluang dengan terus mengembangkan diri dan produk jualan Anda. Untuk informasi lebih lengkap tentang cara jual-beli gadget Anda dapat mendaftarkan toko online Anda sebagai merchant dan partner di
http://www.pricearea.com/ pada kategori handphone/computer. Selamat berbisnis!
By
Diaz
,
Tuesday, December 10, 2013